Fakta Menarik Tentang Nike yang Jarang Orang Tahu

 on Kamis, 14 Maret 2019  

Selama ini jika mendengar satu brand atau merk ternama soal sport maka tak akan jauh dari sepatu. Ya, hampir semua olahraga membutuhkan sepatu. Seperti sepak bola, basket, voli dan lain sebagainya. Sayangnya tak banyak yang tahu bagaimana cara menemukan produk asli atau sepatu penting mereka? Merek Nike memang dirasa harus dipertimbangkan karena produk ini memiliki kualitas yang tinggi. Tak hanya sebagai sepatu olahraga saja tetapi sepatu ini akan membuat siapa saja si pemakai merasa nyaman.


Jika kamu membelinya secara online maka pastikan bahwa toko tersebut memang terpercaya. Tanyakan pada orang sekitar jika memang kamu ingin mendapatkan merk olahraga itu. Baik dari segi model dan juga desain, tentu ada fakta menarik yang ternyata menjadi alasan mengapa merk ini patut dipertimbangkan.

Fakta Menarik Tentang Nike
1. Nama Awal
Tahukah kamu nama sebelum nama nike ini terkenal? Yap! Ada nama awal yaitu Blue Ribbon Sports. Dulunya sebelum tenar, brand ini memang mengawali perjalanannya dengan nama tersebut. Kantornya berada di Oreegon dan didirikan pada tahun 1984 di tanggal 25 Januari. Merk ini diprakarsai oleh Philip Knight dan Billy Bowerman yang mana Philip merupakan pelari dan Billy adalah pelatihnya. Ketika berdiri Nike.Inc hubungan mereka terus terjalin hingga pada tahun 1971 merk tersebut membuat produk sendiri dengan bran yang dicetuskan oleh Jeff Johnson.

2. Logo Buatan Mahasisa
Logo dari brand ini memang begitu khas dan sudah melekat di tiap orang. Ketika melihat logonya kita bisa tahu bahwa simbol atau logo tersebut menunjukkan brand sepatu. Logo yang bernama Swoosh ini dikenal dibuat oleh mahasiswa desain grafis yaitu Carolyn Davidson. Ia merupakan mahasiswa asal Portland State University dan mendapat inspirasi dari sayap Dewi Kemenangan Yunani. Ketika mendesainnya, Carolyn mendapat bayaran sekitar 400 jutaan yang mana makna dari logo tersebut adalah kecepatan dan gerakan.

3. Terinspirasi dari Cetakan Wafel
Memang, inspirasi bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Pun juga brand ternama ini dulunya membuat sepatu pertama terinspirasi dari cetakan wafel. Cetakan milik Bill Bowerman ini mengilhaminya untuk mendirikan Nike. Bahkan ia sudah membayangkan bahwa memiliki sepatu olahraga yang sol bawahnya berpola seperti wafel. Para atlet juga akan lebih mudah berlari dan tidak takut terpleset lagi. Sepatu yang pertama ini diuji coba oleh Phil Knight yang mana waktu ia mendapat perhatian dari rekan setimnya yang bernama Davis.

4. Iklan Pertama Menggunakan Lagu The Beatless
Tentu dalam mengenalkan produknya ke masyarakat bukanlah perkara mudah. Dulu di tahun 1987, ada sebuah iklan pertama televisi yang menggunakan lagu dari The Beatless dan berjudul Revolution #9. Saat itu memang mereka sendiri mendapatkan kritikan karena tidak mendapat izin untuk menggunakan lagu demi iklannya. Namun, pada akhirnya mereka beralih untuk bekerja sama dengan John Lennon.

5. Inggris Menjadi Negara Persebaran Terbanyak
Di Indonesia sendiri memang banyak toko yang menjual sepatu brand tersebut. Namun bukan Indonesia negara yang memiliki banyak toko Nike. Tetapi negara terbanyak atau terbesar dalam penyebarannya adalah di Inggris. Toko ini ada di Oxford Street, London. Luasnya juga mencapai nyaris 4000 meter persegi. Menakjubkan, bukan?

Ada banyak fakta dari Nike yang tidak diketahui banyak orang. Tentu karena kita sudah mengenal brand tersebut sebagai brand sepatu populer tingkat dunia. Tak hanya populer karena memang sudah terkenal namun kualitasnya memang teruji dan terbaik sebagai sepatu olahraga.



J-Theme